Chat with us, powered by LiveChat

Melihat dari Dekat Tokyo Camii, Tempat Syahrini dan Reino Barack Menikah

Kabar pernikahan Syahrini yang digelar hari ini tentu menjadi kejutan tersendiri bagi publik. Terutama mereka yang sudah mengikuti perjalanan cintanya selama beberapa bulan terakhir dengan Reino Barack.

Di antara secuil berita tentang pernikahan Syahrini-Reino Barack, terselip informasi mengenai prosesi akad nikah yang dilangsungkan di Masjid Camii Tokyo atau dikenal juga dengan nama Tokyo Camii. Apa yang bisa kita ketahui tentang tempat ibadah yang berdiri di Tokyo ini?

1. Masjid Terbesar di Jepang

Tokyo Camii terletak di daerah perumahan Yoyogi Uehara, tak jauh dari Shinjuku dan Harajuku. Dia adalah masjid terbesar di Tokyo sekaligus negeri sakura.

Masjid dengan kapasitas 1.200 jemaah ini tampak begitu menonjol dengan arsitektur megah bergaya Ottoman yang berdiri di antara gedung-gedung bertingkat bernuansa modern.

2. Pengunjungnya tak Cuma Umat Islam

Uniknya, pengunjung Tokyo Camii tidak selalu umat muslim. Pemeluk keyakinan lain pun diizinkan masuk ke sini. Biasanya orang non-muslim yang mengunjungi Tokyo Camii adalah mereka yang ingin mencari ketenangan sejenak setelah menjalankan aktivitas padat seharian atau para mahasiswa yang ingin mencari informasi tentang Islam.

Imam masjid Tokyo Camii mengatakan kalau ia ingin agar orang Jepang merasa nyaman dan disambut saat berkunjung ke Tokyo Camii. Karena itulah di bagian depan masjid juga dibangun sebuah lobi yang nyaman, lengkap dengan sofa yang empuk.

Pengunjung masjid harus mematuhi aturan yang ditetapkan pengelola. Antara lain mengenakan kerudung yang biasanya sudah disediakan di depan masjid.

3. Khotbah Jumat Disampaikan dalam Tiga Bahasa

Sholat Jumat di Tokyo Camii biasanya dihadiri oleh ratusan jemaah. Sebagian besar jemaah yang beribadah di sana merupakan kaum ekspatriat.

Agar ‘lebih ramah’ bagi para jemaah, pengelola masjid berinisiatif agar khotbah Jumat disampaikan dalam tiga bahasa sekaligus, yaitu bahasa Turki, Jepang, dan, Inggris.

4. Material Didatangkan Langsung dari Turki

Arsitekturnya mirip dengan Masjid Biru yang terkenal di Istanbul. Dilaporkan Nippon.com, bangunan masjid tersebut memang dibangun dengan material yang sengaja didatangkan langsung dari Turki. Sekitar seratus seniman Turki bekerja selama satu tahun untuk membangun masjid yang terdiri dari dua lantai tersebut.

Bagian atas difungsikan sebagai tempat ibadah, sementara lantai pertama dimanfaatkan sebagai pusat kebudayaan. Hasilnya adalah masjid indah dengan berbagai ukiran kaligrafi bernilai seni tinggi.

Demikian fakta-fakta unik tentang Masjid Camii Tokyo atau Tokyo Camii, tempat dilangsungkannya pernikahan Syahrini dan Reino Barack.